PERINGKAT MILITER INDONESIA AKHIR TAHUN 2017


Tak heran di penghujung 2017 ini peringkat kekuatan militer Indonesia nangkring di posisi ke-14 paling kuat dunia versi Globalfirepower.com, sebuah situs yang khusus mengamati kekuatan militer negara-negara di dunia.
   Dari data tersebut,peringkat kekuatan militer Indonesia mengalami kenaikan sejak 2012. Pada tahun itu, Indonesia di posisi ke-22, kemudian naik pada 2015 di peringkat ke-19. 0

Peringkat Indonesia kembali naik di posisi 12 pada 2016, dengan power index 0,52. Namun tahun 2017, peringkat GFP Indonesia turun di posisi ke-14 Satu tingkat di atas Israel dan Satu tingkat dibawah Pakistan dengan power index 0,34. 

"Diharapkan kekuatan pertahanan Indonesia semakin baik dan bisa masuk 10 bahkan lima besar kekuatan militer dunia pada masa yang akan datang," kata Sukamta melalui pesan singkat, Kamis (5/10).





Sukamta mengatakan, jika sumber daya manusia, alat utama sistem persenjataan, dan anggaran terus ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya melalui program rencana strategis dan minimum essentials force, maka kekuatan militer Indonesia dapat semakin membaik.

Menurutnya, penurunan peringkat kekuatan militer bisa meningkatkan potensi ancaman terhadap Indonesia. Oleh karenanya, kata dia, kuantitas dan kualitas unsur-unsur pertahanan perlu terus ditingkatkan. 


"Diharapkan melalui MEF kebutuhan alutsista TNI tersebut dapat terpenuhi. Dari tahun ke tahun kami terus mendorong agar anggaran untuk membeli dan memperbarui alutsista ditingkatkan," kata Sukamta.

Selain unsur alutsista, lanjutnya, prajurit TNI juga harus ditingkatkan kemampuan, integritas, kedispilinan serta kedekatannya dengan rakyat. 

Apalagi, kata dia, Indonesia memiliki sejumlah pasukan elite khusus di masing-masing matra, yang diakui kehebatannya oleh negara-negara lain. 

"Tapi jangan membuat terlena, justru Indonesia harus terus meningkatkan kuantitas dan kualitasnya," ujarnya.

0 Response to "PERINGKAT MILITER INDONESIA AKHIR TAHUN 2017"

Posting Komentar